Skip to main content
Aisah
0802519008
KM19B
Radio
Pengertian
Radio merupakan sebuah media elektronik yang biasa digunakan untuk mengirimkan gelombang suara melalui udara. Radio juga biasanya hanya
Menampilkan suara.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Radio
Segmentasi
Segmentasi siaran radio berdasarkan jenis-jenisnya. Radio juga mempunyai banyak jenis atau genre, dan ciri khasnya masing-masing. Seperti radio anak muda, radio dewasa, radio religi, radio berita, dan radio dangdut.
https://www.siswapedia.com/jenis-jenis-segmentasi-siaran-radio/

Rating
Tidak hanya televisi, radio juga masih menggunakan rating sebagi mata uang. Tetapi, cara menghitung ratung radio yaitu dengan menggunakan survei para pendengar harian pada masyarakat. Yang dilakukan dengan cara aktivitas zresponden para pendengar yang dilakukan setiap 15 menit sekali.
https://news-okezone-com.

Invoasi
radio perlu berinovasi menjadi media yang lebih kompleks. dengan cara lebih banyak menyadiakan berita berita terupdate saat ini, penyiar radio harus membawakan berita dengan ceria agar dapat menarik mendengar supaya tidak terasa bosan, serta perlu juga dilengkapi dengan playlist lagu yang sedang trend dikalangan remaja. 
https://www.google.co.id/amp/s/www.idntimes.com/hype/fun-fact/amp/dwi-nurul-septhiany/6-alasan-radio-masih-jadi-media-favorit-sampai-sekarang-c1c2

Alasan
Alasan radio mulai tersingkirkan karena sudah munculnya televisi yang bersifat audio-visual yang membuat orang atau masyarajat lebih tertarik akan media tersebut. Selain itu, audio-visual juga dapat digunakan bagi orang yang memiliki disabilitas. Maka radio harus mulai berinovasi yang lebih agar masyarakat tertarik kembali untuk mendengarkan radio.

Televisi
Pengertian
Televisi merupakan media digital yang memiliki banyak program acara-acara serta diminati oleg banyaj kalangan. Muncul awal televisi dalam bentuk monokrom (hitam-putih) dengan disertai suara.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Televisi

Segmentasi
Segmentasi televisi berdasarkan jenis-jenisnya yautu :
. TV LCD
TV LCD adalah televisi layar datar yang memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Jenis ini memiliki dua lapisan kaca yang terpolarisasi dan saling menempel. TV LCD ini memiliki kekayaan warna yang hebat, sehingga Anda bisa menikmati film dengan warna yang jelas dan kontras.
2. TV LED
LED sebenarnya sangat mirip dengan LCD bahkan cara kerjanya juga tidak berbeda jauh. LED juga memiliki layar yang tipis dan memanfaatkan teknologi Liquid Crystal Display. Satu-satunya yang membedakan dengan LCD adalah sumber cahayanya, yang berada di belakang layar. TV LCD menggunakan lampu neon, dan TV LED menggunakan LED (Light Emitting Dioda) sehingga warna dan juga kualitas gambarnya sagatlah hebat.
3. TV Plasma
TV Plasma adalah TV yang memiliki tampilan layar datar emisif dmana cahaya yang dihasilkan oleh phosphor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepaskan muatannya tidak mengandung merkuri sebuah campuran gas mulia digunakan. Sehingga tampilan layar yang dihasilkan lebih baik dari LCD dan LED TV.
http://yayu-9g-uas.blogspot.com/p/blog-page.html?m=1

Rating
Menurut survei, saat ini masih terdapat 96% masyarakat yang menggunakan televisi. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya program-program yang disiarkan yang bersifat menghibur. selain itu, televisi saat ini juga telah berkesinambungan dengan internet. Pasalnya, sudah banyak sekali merk dari televisi yang dapat mengakses langsung ke jaringan internet seperti youtube, iflix, dan sebagainya yang menjadikan adanya ketertarikan lebih kepada media televisi tersebut. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/07/27/penetrasi-televisi-masih-yang-tertinggi

Invonasi
Televisi harus berinovasi dengan berkesinambungan atau berhubungan dengan internet. Karena di era digital saat ini informasi kini dapat diakses dengan sangat mudah. Karena, penoton mulai mencari sarana informasi dan hiburan dengan layanan streaming lain. Seperti, perangkat mobile, youtube, netflix, dll. Agar popularitas televisi tidak dikalahkan dengan handphone.
https://www.google.co.id/amp/s/m.republika.co.id/amp/o0vsw59

Alasan
Televisi harus bertranformasi dan harus ditingkatkan lagi inovasi-inovasi yang kreatif agar tidak tertinggal atau terlupakan oleh masyarakat milenials jaman sekarang. Karena  milenials jaman sekarang lebih memilih media yang mudah diakses dan praktis.

Comments